BLISS (THE BLISS BAKERY #1)

IMG-20130330-00752

Judul: Bliss (The Bliss Bakery #1)

Pengarang: Kathryn Littlewood

Alih Bahasa: Nadia Mirzha

Penerbit: Mizan Fantasi

Bahasa: Indonesia

Tebal: 308 halaman

Sinopsis:

Musim panas itu, Rosemary Bliss melihat ibunya mengaduk halilintar ke dalam semangkuk adonan dan semakin yakin bahwa orangtuanya menggunakan sihir di Toko Roti Bliss. Rahasianya ada pada sebuah buku resep Bliss Cookery Booke.

Namun, apa jadinya jika Rose dan Ty memutuskan bereksperimen denga beberapa resep saat orangtua mereka pergi? Yah, beberapa Muffin Asmara dan Cookies Kebenaran sepertinya tak akan menimbulkan masalah, bukan? 

Review:

Rosemary Bliss adalah anak kedua dari pasangan Purdy dan Albert Bliss. Kakaknya, Ty, seorang pemuda tampan mendekati sempurna yang seluruh orang bilang masa depannya sudah terjamin bakal cerah. Adiknya, Sage, memiliki bakat humor yang bisa melenyapkan kegusaran dalam sekejap. Dan adik bungsunya, Leigh, adalah makhluk tercantik dan paling menggemaskan yang bisa kau temui. Malangnya, hanya karena Rose kurang beruntung untuk tidak mendapatkan pahatan wajah cantik atau lekukan tubuh molek, dia menjadi agak diabaikan oleh tetangga-tetangganya, seorang pemuda anak pemilik Toko Donat Stetson yang ditaksirnya, bahkan kedua orang tuanya sendiri! Padahal dia adalah satu-satunya penghuni rumah itu yang rajin membantu di toko roti tanpa pernah mengeluh, dan tidak pernah membantah saat disuruh membelikan bahan-bahan dapur yang super banyak.

Tapi menurutnya semua kerja kerasnya itu tidak cukup baik di mata orang tuanya untuk balas memberinya perhatian yang lebih, apalagi tanggung jawab untuk diperbolehkan membuat kue dari buku resep ajaib milik keluarga mereka.

Suatu hari ketika kedua orang tuanya harus pergi ke kota sebelah untuk membantu menangani wabah penyakit flu musim panas, Rose diberi kepercayaan untuk memegang kunci ruangan rahasia yang digunakan untuk menyimpan buku resep rahasia keluarga Bliss. Namun anehnya, tepat setelah orang tua mereka pergi, seorang wanita yang meminta dipanggil Bibi Lily dengan penampilan memesona yang bahkan membuat Ty dan Sage tergila-gila, datang ke rumah mereka dan mengaku sebagai kerabat mereka dari garis keturunan Bliss yang lain. Bahkan karena pesona dan segala kebaikan Bibi Lily, sampai-sampai Ty dan Sage memaksa Rose untuk memberika saja buku resep ajaib keluarga Bliss untuk keperluan acara televisi Bibi Lily agar dia senang. Awalnya Rose tidak setuju, tetapi karena dipengaruhi oleh keinginannya sendiri untuk bisa membuat kue dari resep-resep ajaib itu dan ingin membuktikan pada orang tuanya bahwa dia mampu, akhirnya Rose menyetujuinya dengan syarat mereka hanya akan menyalin saja resep dari buku itu lalu mencobanya dan setelah berhasil akan mereka ajarkan pada Bibi Lily mereka tersayang.

Selama melakukan percobaan-percobaan dengan resep ajaib dan bahan-bahan rahasia yang menakjubkan, mereka mengakibatkan banyak sekali kekacauan pada hampir seluruh penduduk kota. Disinilah kecerdikan Rose, Ty, dan Sage sangat diperlukan untuk membuat keadaan kembali normal seperti semula. Tapi mampukah mereka melakukannya sementara ada saja takaran resep yang salah setiap kali mereka mencoba membuat adonan penangkal. Lalu bagaimana dengan Bibi Lily yang akhirnya berhasil membuat Rose berkata jujur tentang keberadaan buku resep ajaib milik keluarga Bliss? Apakah Rose telah gagal menjalankan amanah dari orang tuanya untuk menjaga buku resep itu? Dan mengapa orang tua mereka bisa-bisanya sampai tidak tahu apapun tentang keadaan anak-anak mereka selama mereka pergi?

Buku ini terlalu sederhana baik dari deskripsi maupun perkembangan plotnya. Bahkan kelezatan dari bermacam-macam kue di dalam buku ini yang katanya menjadi daya tarik utama buku ini karena membuat pembaca ngiler, sayangnya kok untuk saya tidak berpengaruh apa-apa. Cenderung tidak menonjol untuk deskripsi dari kue-kue di buku ini malah. Jadi, saya kira cukup satu bintang untuk covernya yang sangat cantik, dan satu setengah untuk adanya jenis sihir lain yang digunakan disini. Umumnya ramuan sihir dibuat hanya dari campuran bahan-bahan sihir—seperti yang disebutkan juga digunakan oleh keluarga Bliss ini, tapi bahan-bahan sihir yang bisa diramu dengan satu adonan kue biasa—benar-benar menarik. Juga untuk bahan-bahan sihir yang diceritakan ditangkap dengan menggunakan toples biru ajaib, ini cukup membuat saya bergumam ‘Ooh, bisa gitu ya’, karena selama ini saya sendiri bahkan tidak pernah memikirkan bagaimana bahan-bahan ramuan ajaib itu didapatkan dari sumber awalnya.

Rating: 

2,5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s