Bookish Top Ten 3: Best Book Covers

regency_dramione_by_yourcherrylips-d399rjc

Meme yang diadakan oleh kak Yuska ini sebenarnya sudah berlangsung untuk yang ketiga kalinya menginjak bulan ini. Tapi karena (agak sialnya) saya baru tahu, jadi saya melewatkan dua meme sebelumnya dan mulai ikut dari sini. Ini pun juga molor jauh dari tanggal yang seharusnya (meme ini berlangsung mulai dari tanggal 10 setiap bulan).Sedikit menyesal, sih. Soalnya bulan lalu meme ini mengambil tema tentang top villans… Wah, wah, sayang sekali, padahal saya ingin babbling banyak soal karakter antagonis yang ironisnya kebanyakan memang merupakan karakter favorit saya. Nah loh.

Mengenai sampul buku sendiri, saya bukan termasuk orang yang selalu memilih-memilih buku karena sampulnya (walaupun bukan berarti tidak pernah). Masalah sampul yang begitu sesuai dengan isi buku atau desainnya yang sangat memuaskan mata bagi saya itu hanyalah bonus–0.1% dari bobot si buku yang mencerminkan apa adanya atau bahkan bisa juga menipu. Karena nyatanya ada beberapa buku sangat bagus yang bersampul tidak menarik, atau juga sebaliknya.

Ini dia sepuluh sampul buku yang berhasil membuat saya jatuh hati…

1. Something Borrowed – Emily Giffin

42156

Pada dasarnya semua buku Emily Giffin berdesain hampir sama—latar belakang satu warna dengan gambar kecil yang berpadu apik diantara huruf judulnya. Sangat-sangat-sangat sederhana tetapi sangat-sangat-sangat-sangat-sangat-sangat manis. Dan favorit saya adalah yang satu ini, seri Darcy & Rachel yang pertama. Nuansa soft pinknya cantik sekali…..

2. The Fault in Our Stars – John Green

11870085

Nah, ini salah satu buku yang untuk diri saya pribadi agaknya sedikit menjebak. Jujur, saya jatuh cinta setengah mati dengan sampul TFIOS versi aslinya yang pertama ini (kabarnya buku-buku Green akan dibuat sampul versi barunya, entah sudah apa belum ya). Tapi ekspektasi pembaca lain yang sangat tinggi ditambah rating GR yang wow nyatanya berbeda sekali dengan apa yang saya rasakan setelah menghabiskan isi buku ini (well, memang sejujurnya saya justru lebih sering melirik buku dari review orang lain). Yah, setidaknya cukup lah untuk jadi hiasan di rak saja.

3. The Ocean at The End of The Lane – Neil Gaiman

15783514

Untuk buku Gaiman yang satu ini saya lebih suka versi aslinya yang dengan gambar anak perempuan, meski jika dibandingan dengan terbitan Gramedia tidak jauh berbeda. Hanya saja versi yang ini terkesan lebih ‘dalam’ dan ‘gelap’—dan baaaaaaagus sekali.

4. Flipped – Wendelin van Draanen

331920

Buku favorit saya, yeay! Dan beruntungnya sampulnya juga jadi favorit saya. Latar belakang putih dengan satu saja gambar anak ayam di tengah ini memang kelewat simpel, tapi betul-betul bisa mengungkap garis besar isi ceritanya. Sayangnya untuk sampul yang versi Bahasanya (terbitan Orange Books kalau tidak salah) sangat mengecewakan, terlalu penuh dan… tch. Omong-omong yang versi cover filmnya juga bagus, bersiluet soalnya.

5. Sherlock Holmes, The Complete Novels and Stories Volume II – Arthur Conan Doyle

9780553212426-300x400

Dari seluruh versi sampul SH dari banyak penerbit, favorit saya tetap pada terbitan Bantam Classics ini, terutama yang volume dua. Sangat-Inggris ya, cantik! 😀

6. The Tiny Book of Tiny Stories Volume III – Joseph Gordon-Levitt

17349137

Siapa tak kenal JGL, hehe. Terlepas dari siapa pengarangnya, kekuatan yang besar dari isi tiga seri buku ‘kecil’ miliknya ini langsung mendorong saya untuk mengiyakan bahwa ini adalah buku ‘kesayangan’ saya. Dari kesemua seri, sampulnya memang tidak jauh berbeda, yang membedakannya hanya jumlah karakter di tengah yang digambarkan sedang membaca sebuah buku. Meski begitu yang paling saya suka adalah yang volume ketiga, dengan warna kuningnya yang manis.

7. The Perks of Being a Wallflower – Stephen Chbosky

4327066

Versi sampul dengan latar yang dipenuhi kata-kata ini yang jadi favorit saya dibanding versi yang lain. Entah kenapa jika tidak mengandung seminim mungkin kata-kata, saya menyukai sekalian saja yang penuh. Tapi sungguh, sampul yang ini benar-benar yang paling pas untuk isi bukunya menurut saya.

8. The Thirteenth Tale – Diane Setterfield

5602275

Untuk buka Diane yang ini saya lebih suka sampulnya dari terbitan Gramedia. Jauh lebih bagus dari sampul aslinya.

9. A Tree Grows in Brooklyn – Betty Smith

10040773

Buka klasik seperti ini tentu sudah diterbitkan dengan banyak sekali versi sampul yang berbeda-beda. Tapi lagi-lagi Gramedia sepertinya sangat mengerti bagaimana melempar daya tarik yang ‘khas’ dari suatu buku lewat selongsongnya (terlepas dari kekuatan besar isi buku dan nama pengarangnya sendiri).

10. Pride and Prejudice – Jane Austen

2781953

Belakangan ini Penguin Classics menerbitkan setidaknya beberapa buku klasik dengan cover baru untuk edisi Deluxe mereka. Dan favorit saya jatuh pada ilustrasi buku Jane Austen yang ini. Cantik sekali, ya.

Leave a Reply

